Memverifikasi kepemilikan situs Anda

Apa itu verifikasi?

Verifikasi adalah proses pembuktian bahwa Anda adalah pemilik situs atau aplikasi yang diklaim sebagai milik Anda. Kami perlu mengonfirmasi kepemilikan karena setelah terverifikasi sebagai pemilik situs atau aplikasi, Anda memiliki akses ke data Google Penelusuran pribadi untuk situs atau aplikasi tersebut serta dapat memengaruhi cara Google Penelusuran merayapinya.
Apa itu properti?
Properti di Search Console mewakili situs atau aplikasi yang Anda miliki. Anda dapat meminta tindakan di properti seperti meminta perayapan ulang, atau melihat data Google Penelusuran untuk properti Anda, misalnya kesalahan perayapan atau statistik Google Penelusuran.
Verifikasi mengaitkan pengguna tertentu dengan properti tertentu. Setiap properti Search Console memerlukan minimal satu pemilik terverifikasi, meskipun juga bisa lebih.
Perhatikan bahwa Anda bisa menambahkan situs atau aplikasi apa pun sebagai properti Search Console, namun Anda tidak dapat menggunakannya di Search Console sebelum memverifikasi kepemilikannya (atau pemilik memberikan hak tersebut kepada Anda). Misalnya, Anda dapat menambahkan www.wikipedia.org sebagai properti ke akun Search Console, namun Anda tidak dapat mengaksesnya hingga pengembang Wikipedia membantu Anda membuktikan kepemilikan (atau pemilik properti Search Console Wikipedia menambahkan Anda sebagai pengguna ke properti Search Console).

Memverifikasi situs web

  1. Tambahkan situs web baru atau klik Kelola Properti > Verifikasi properti ini pada beranda Search Console di samping properti yang sudah ada, yang ingin diverifikasi.
  2. Pilih salah satu metode verifikasi yang tercantum di bawah lalu ikuti petunjuknya. Tidak semua metode verifikasi tersedia untuk semua properti; laman verifikasi akan mencantumkan metode yang tersedia dan disarankan untuk situs Anda.
Beberapa orang dapat menambahkan dan memverifikasi situs secara terpisah, menggunakan metode yang sama atau berbeda. Jika menggunakan metode yang sama, pastikan Anda tidak menggantikan token verifikasi pemilik yang lain.

Memverifikasi aplikasi seluler

Lihat Memverifikasi aplikasi seluler

Berapa lama verifikasi bertahan?

Google memeriksa apakah verifikasi masih valid secara berkala menggunakan cara yang sesuai dengan metode verifikasi Anda (misalnya, dengan memeriksa keberadaan tag HTML pada situs). Jika verifikasi tidak lagi dapat dikonfirmasi, izin terhadap properti tersebut akan berakhir setelah masa tenggang tertentu.
Data dikumpulkan untuk properti dari waktu pertama kali Anda menambahkannya sebagai properti Search Console. Jeda apa pun dalam proses verifikasi tidak menyebabkan jeda dalam pengumpulan data.

Mengubah metode verifikasi Anda

Jika perlu mengubah metode verifikasi, Anda dapat melakukannya dengan mengikuti langkah berikut:
  1. Pada beranda Search Console, klik properti yang diinginkan.
  2. Klik ikon roda gigi , lalu klik Pengguna & Pemilik Properti.
  3. Klik Kelola pemilik properti, lalu klik Verifikasi dengan metode lain.
  4. Kembali verifikasi properti Anda menggunakan metode baru.
Anda dapat membuat properti Search Console yang terpisah untuk subdomain dan subdirektori lain; pada dasarnya kami sering menyarankan hal tersebut agar dapat mengelompokkan data Anda ke dalam grup yang berguna.
Jika Anda terverifikasi untuk suatu situs, Anda otomatis terverifikasi untuk semua subdirektori dalam situs tersebut. Jika Anda terverifikasi untuk suatu domain, Anda terverifikasi untuk semua subdomain dalam domain tersebut, begitu juga dengan situs maupun subsitusnya.
Berikut adalah definisi kami tentang domain dan situs. Definisi ini khusus untuk verifikasi Search Console:
  • http://example.com/ - Situs (karena berisi awalan http://)
  • example.com/ - Domain (karena tidak berisi awalan protokol)
  • puppies.example.com/ - Subdomain example.com
  • http://example.com/petstore/ - Subdirektori situs http://example.com
Jika menghapus properti domain atau direktori induk, Anda tetap terverifikasi untuk semua domain atau direktori turunan.

Metode verifikasi

Anda dapat memverifikasi kepemilikan situs dengan mengunggah file HTML khusus ke situs. File ini terikat dengan pengguna tertentu. Ikuti petunjuk di laman detail verifikasi. Menghapus file verifikasi dari situs dapat menyebabkan Anda kehilangan verifikasi untuk situs tersebut.
Untuk memverifikasi kepemilikan menggunakan file HTML, pilih metode upload file HTML pada laman detail verfikasi untuk situs Anda, dan ikuti petunjuk yang ditampilkan.
Kesalahan:
Kesalahan khusus berikut dapat terjadi, selain masalah verifikasi umum:
  • File verifikasi Anda tidak ditemukan. Unduh file verifikasi yang disediakan di laman Verifikasi Search Console, kemudian unggah ke lokasi yang ditentukan tanpa perubahan apa pun. Jika nama atau konten file tidak cocok dengan file HTML yang diberikan, kami tidak dapat memverifikasi kepemilikan situs Anda.
  • File verifikasi Anda mempunyai konten yang salah. Search Console akan melihat apakah file verifikasi Anda memiliki nama file dan konten yang sama seperti yang file yang diberikan di laman Verifikasi. Jika nama atau konten file tidak cocok dengan file HTML yang diberikan, kami tidak dapat memverifikasi kepemilikan situs Anda. Unduh file verifikasi yang disediakan di laman Verifikasi Search Console, kemudian upload ke lokasi yang ditentukan tanpa perubahan apa pun.
  • File verifikasi kosong. Search Console akan melihat apakah file verifikasi Anda memiliki nama file dan konten yang sama seperti yang file yang diberikan di laman Verifikasi. Jika nama atau konten file tidak cocok dengan file HTML yang diberikan, kami tidak dapat memverifikasi kepemilikan situs Anda. Unduh file verifikasi yang disediakan di laman Verifikasi Search Console, kemudian unggah ke lokasi yang ditentukan tanpa perubahan apa pun.
  • File verifikasi Anda memberikan kode status HTTP XXX bukan 200(Oke). Jika server Anda mengembalikan kode status HTTP selain 200(Oke) untuk file verifikasi HTML, Search Console tidak akan dapat memverifikasi bahwa file verifikasi memiliki namafile dan konten yang diharapkan. Informasi selengkapnya tentang kode status HTTP.
  • Permintaan unduhan terlalu sering dialihkan. Jika situs Anda mengalihkan lalu lintas ke situs lain, sebaiknya gunakan metode verifikasi tag meta sebagai gantinya.
  • File verifikasi Anda mengalihkan ke lokasi yang dilarang. Googlebot tidak akan mengikuti pengalihan untuk file verifikasi; jika situs Anda mengalihkan semua lalu lintas ke situs lain, sebaiknya gunakan verifikasi tag meta. Pengalihan dalam situs tunggal—contoh, dari http://example.com/ ke http://www.example.com/—dapat dilakukan.
Anda dapat memverifikasi situs melalui penyedia nama domain. Untuk menggunakan metode ini, Anda harus dapat masuk ke penyedia nama domain (contoh, GoDaddy.com atau networksolutions.com) dan menambahkan rekam TXT atau CNAME yang baru.
Pilih metode penyedia nama domain pada laman detail verifikasi untuk situs Anda, dan ikuti petunjuk yang ditampilkan. Tergantung pencatatan domain, Anda akan ditawari dengan salah satu metode berikut:
  • Langsung di Search Console. Beberapa pencatatan domain memungkinkan Anda memverifikasi situs secara langsung dari Search Console. Ini adalah cara termudah untuk memverifikasi situs, dan saat ini cara tersebut tersedia melalui GoDaddy, eNom, dan beberapa penyedia nama domain lain.
  • Menambahkan rekam TXT DNS atau CNAME. Jika pencatatan tidak mengaktifkan alat verifikasi, Anda dapat melakukan verifikasi dengan menambahkan rekam DNS. Alat verifikasi memberikan petunjuk untuk melakukan hal ini, dan jika memungkinkan, petunjuk ini akan dikhususkan untuk pencatatan Anda. Secara default, kami akan menampilkan petunjuk untuk menambahkan rekam TXT DNS kepada Anda. Jika metode ini tidak tersedia, kami akan menampilkan petunjuk untuk menambahkan rekam CNAME kepada Anda.
Kesalahan:
Kesalahan verifikasi khusus berikut dapat terjadi, selain masalah verifikasi umum:
  • DNS tidak ditemukan Rekaman TXT verifikasi Anda tidak ditemukan.
  • Rekam TXT verifikasi Anda mempunyai konten yang salah. Search Console akan melihat apakah rekaman DNS cocok dengan detail rekaman yang diberikan di laman Verifikasi. Jika tidak cocok, kami tidak akan dapat memverifikasi kepemilikan situs.
  • DNS memiliki TXT yang salah Rekaman DNS verifikasi Anda berisi TXT yang salah. Tampilkan TXT yang ditemukan.
  • Kesalahan permanen saat menyelesaikan DNS Kami mengalami kesalahan permanen saat mencari rekaman DNS verifikasi.
  • Kesalahan saat menyelesaikan DNS Kami mengalami kesalahan saat mencari rekam verifikasi DNS Anda.
Anda dapat memverifikasi kepemilikan situs dengan menambahkan tag <meta> ke HTML laman yang ditentukan. Kami akan memverifikasi meta tag yang ada di lokasi yang benar. Apabila kami tidak dapat menemukan tag, kami akan memberi tahu Anda tentang kesalahan yang kami hadapi. Tag ini terikat ke pengguna tertentu.
Untuk memverifikasi kepemilikan dengan tag HTML, pilih metode tag HTML pada  laman detail verifikasi untuk situs Anda dan ikuti petunjuk yang ditampilkan.
Kesalahan:
Kesalahan verifikasi khusus berikut dapat terjadi, selain masalah verifikasi umum:
  • Kami tidak dapat menemukan tag meta verifikasi di beranda Anda. Tag meta verifikasi harus berada di dalam bagian <HEAD> laman. Jika Anda melihat kesalahan ini, periksa hal-hal berikut ini:
    • Apakah tag meta ada di laman yang benar? Kami mencarinya dalam beranda situs Anda. Ini adalah laman yang dikembalikan oleh server Anda saat seseorang meminta situs Anda (misalnya http://www.example.com/). Laman ini sering kali diberi nama index.html atau index.htm, namun namanya dapat berbeda, tergantung konfigurasi pada server.
    • Apakah tag meta ada di tempat yang benar dalam laman? Kami mencarinya dalam bagian HEAD laman. Contoh penempatan yang benar ditunjukkan di bawah ini.
      <HTML>
      <HEAD>
      <TITLE>Your Title</TITLE>
      <meta name="google-site-verification" content="String_we_ask_for">
      </HEAD>
      <BODY>
      
    • Jika Anda menggunakan editor web atau editor WYSIWYG untuk mengedit laman, pastikan Anda telah memilih opsi 'Edit HTML' atau mengedit kode sumber laman.
  • Tag meta salah. Kami menemukan tag meta verifikasi, tapi kontennya salah. Guna menghindari kesalahan, salin dan tempel tag meta yang diberikan di laman Verifikasi Search Console.
  • Beranda Anda mengembalikan kode status HTTP XXX bukan 200(Oke). Jika server Anda mengembalikan kode status HTTP selain 200(Oke) untuk beranda, Search Console tidak akan dapat memverifikasi bahwa file verifikasi berisi namafile dan konten yang diharapkan. Informasi selengkapnya tentang kode status HTTP.
Jika Anda menggunakan Google Analytics untuk melacak lalu lintas situs, Anda dapat memverifikasi situs menggunakan kode pelacakan Google Analytics yang dikaitkan dengan situs tersebut. Untuk melakukannya, Anda harus memiliki izin "edit" untuk properti web yang kode pelacakannya digunakan oleh laman tersebut. Selain itu, kode pelacakan Anda harus menggunakan cuplikan asinkron yang baru.
Untuk memverifikasi kepemilikan menggunakan Google Analytics, pilih Google Analytics di laman detail verifikasi untuk situs Anda, dan ikuti petunjuk yang ditampilkan.
Kode pelacakan Google Analytics hanya digunakan untuk memverifikasi kepemilikan situs. Tidak ada data Google Analytics yang akan diakses.
Catatan: jika menggunakan kode pelacakan dengan cara ini, administrator lain dari akun Google Analytics juga akan memiliki akses ke data situs di Search Console.
Jika memiliki akun Google Tag Manager, Anda dapat memverifikasi kepemilikan situs menggunakan kode cuplikan penampung Google Tag Manager.
Untuk memverifikasi kepemilikan menggunakan Google Tag Manager, pilih Google Tag Manager di laman detail verifikasi untuk situs Anda, dan ikuti petunjuk yang ditampilkan.
Laman Google Sites baru yang Anda buat seharusnya otomatis muncul dan terverifikasi dalam akun Search Console. Jika situs Anda tidak otomatis muncul di beranda Search Console, klik Tambahkan situs. Situs Anda akan diverifikasi secara otomatis.
Situs lama atau situs yang memiliki URL domain khusus seharusnya diverifikasi menggunakan metode tag HTML.
Perhatikan bahwa situs Anda harus dibuat menggunakan Akun Google yang sama dengan yang digunakan untuk Search Console.
Blog baru yang Anda buat di Blogger seharusnya ditambahkan dan diverifikasi secara otomatis di akun Search Console. Jika blog tidak otomatis muncul di beranda Search Console, tambahkan properti dan blog seharusnya dapat diverifikasi secara otomatis.
Blog lama tidak otomatis diverifikasi dan seharusnya diverifikasi menggunakan metode tag HTML.
Pastikan Anda menggunakan Akun Google yang sama untuk blog dan Search Console.

Kesalahan verifikasi umum

Selain kesalahan verifikasi khusus metode, kesalahan verifikasi berikut dapat terjadi dalam kebanyakan metode verifikasi:
  • Waktu tunggu sambungan ke server habis. Kami tidak dapat memverifikasi file Anda karena waktu tunggu server telah habis. Ini mungkin karena server Anda mengalami kerusakan atau sibuk dan memberikan tanggapan dengan lambat. Pastikan server memberikan tanggapan dan coba lagi.
  • Kami mengalami kesalahan selagi mencari nama domain situs Anda. Kami mencoba mengakses file verifikasi Anda, namun tidak dapat mengakses domain Anda karena kesalahan DNS. Ini mungkin karena server Anda tidak aktif, atau ada masalah dengan perutean DNS ke domain Anda. Pastikan domain Anda diperbaiki dengan benar dan coba lagi.
  • Permintaan download terlalu sering dialihkan. Periksa kemungkinan masalah pada URL, seperti simpul tak terbatas.
  • Server memberikan tanggapan yang tidak valid. Ini dapat terjadi jika situs Anda mewajibkan autentikasi sandi, atau jika kami tidak dapat mengaksesnya karena alasan lain.
  • Kami tidak dapat menyambung ke server. Pastikan server Anda berfungsi, agar domain dapat diperbaiki dengan benar, dan coba lagi.
  • Terjadi kesalahan internal. Jika masalah terus berlanjut, lihat Forum Bantuan Pusat Webmaster untuk melihat pembaruan.

Related Posts:

Please Enable JavaScript!
Mohon Aktifkan Javascript![ Enable JavaScript ]


Sample 2 “Berikan aku 1000 orang tua, niscaya akan kucabut semeru dari akarnya, berikan aku 1 pemuda, niscaya akan kuguncangkan dunia” . (Bung Karno) “Tidak seorang pun yang menghitung-hitung: berapa untung yang kudapat nanti dari Republik ini, jikalau aku berjuang dan berkorban untuk mempertahankannya”. (Pidato HUT Proklamasi 1956 Bung Karno) “Jadikan deritaku ini sebagai kesaksian, bahwa kekuasaan seorang presiden sekalipun ada batasnya. Karena kekuasaan yang langgeng hanyalah kekuasaan rakyat. Dan diatas segalanya adalah kekuasaan Tuhan Yang Maha Esa.” (Soekarno) “Apabila di dalam diri seseorang masih ada rasa malu dan takut untuk berbuat suatu kebaikan, maka jaminan bagi orang tersebut adalah tidak akan bertemunya ia dengan kemajuan selangkah pun”. (Bung Karno) “Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa pahlawannya.” (Pidato Hari Pahlawan 10 Nop.1961) “Perjuanganku lebih mudah karena mengusir penjajah, tapi perjuanganmu akan lebih sulit karena melawan bangsamu sendiri.” – Bung Karno “Bangsa yang tidak percaya kepada kekuatan dirinya sebagai suatu bangsa, tidak dapat berdiri sebagai suatu bangsa yang merdeka.” (Pidato HUT Proklamasi 1963 Bung Karno) “……….Bangunlah suatu dunia di mana semua bangsa hidup dalam damai dan persaudaraan……” (Bung Karno) Untuk memilih jenis tomat yang akan ditanam hendaknya sesuaikan dahulu dengan karateristik lokasi. Apabila kebun Anda berada di dataran tinggi pilihlah varietas yang cocok untuk dataran tinggi begitu juga sebaliknya. Benih tomat bisa didapatkan dengan mudah diberbagai toko penyedia saprotan. Apabila Anda sulit mendapatkannya atau harganya terlalu mahal, kita bisa membuatnya sendiri. Caranya dengan menyeleksi buah tomat yang paling baik dari segi ukuran (besar) dan bentuk (tidak cacat). Langahnya sebagai berikut, pilih buah tomat yang akan dijadikan benih. Kemudian biarkan buah tomat tersebut menua di pohon. Setelah cukup tua ambil bijinya dan bersihkan dari lendir yang menyelubunginya dengan air. Setelah itu rendam dalam air, pilih biji yang tenggelam. Kemudian lakukan seleksi sekali lagi terhadap biji tomat, pilih yang bentuknya sempurna(tidak cacat atau keriput). Langahnya sebagai berikut, pilih buah tomat yang akan dijadikan benih. Kemudian biarkan buah tomat tersebut menua di pohon. Setelah cukup tua ambil bijinya dan bersihkan dari lendir yang menyelubunginya dengan air. Setelah itu rendam dalam air, pilih biji yang tenggelam. Kemudian lakukan seleksi sekali lagi terhadap biji tomat, pilih yang bentuknya sempurna (tidak cacat atau keriput).