10 Fungsi HTML dalam akun Search Console dalam Mengoptimasi SEO

Search Console bisa menjadi salah satu pilihan gratis untuk meningkatkan SEO Anda. Dalam artikel ini Anda akan melihat beberapa informasi penting yang harus dipertimbangkan dalam akun Search Console untuk meningkatkan website Anda.

1. Index Status

Setiap Anda meluncurkan website baru, fungsi ini bisa melihat apakah situs Anda terindeks dan berapa banyak halaman yang terdaftar. Dengan mengunakan pilihan advanced, Anda juga bisa melihat jumlah halaman yang diblock oleh robots.txt dan halaman yang dihapus dari Google index. Jika banyak halaman yang diblock bisa jadi karena Anda lupa menghapus tags no-index, no follow yang biasa digunakan saat proses pengembangan. Penurunan jumlah halaman yang terindex menunjukkan bahwa Google tidak bisa mengakses halaman Anda atau halaman tersebut tidak memiliki value untuk di index. Anda harus mengecek secara berkala untuk memantau bagaimana perkembangan situs Anda, apakah ada halaman yang baru terindex, dan apakah ada halaman yang diblock oleh Googlebot.
1-index-status-fungsi-google-search-console

2. Crawl Stats

Apakah Anda punya halaman yang sangat penting untuk website Anda? Apakah dekat dengan homepage? Jika tidak, crawl stats bisa menunjukkan berapa rata-rata jumlah halaman yang dikunjungi Google. Seperti contoh di bawah, Anda bisa melihat rata-rata jumlah halaman yang dicrawl sebanyak 11. Jika ternyata Anda punya halaman penting 4 level dari homepage, kemungkinan situs Anda sering dicrawl. Semakin sering Anda memposting artikel yang bagus, semakin tinggi crawl rate yang dimiliki situs Anda. Baru-baru ini Google mengumumkan bahwa menggunakan “no-follow” tidak akan menghemat budget crawl Anda, di mana hal ini dipercaya oleh kebanyakan pemain SEO. Intinya, Anda perlu mengecek crawl stats untuk melihat seberapa sering dan mendalam Google meng-crawl situs Anda. Jika kurang menyeluruh, Anda perlu melihat struktur dan rate situs dari update konten.
2-crawl-stats-fungsi-google-search-console

3. HTML Improvements

Bagian ini meliputi perbaikan dasar untuk situs Anda. Termasuk mendaftar duplicate title, meta descriptions dan konten yang tidak dapat diindex dalam situs Anda. Saat seluruh situs Anda sudah terindex atau sedang memperbaiki situs yang sudah ada, Anda bisa melihat daftar elemen yang harus diperbaiki di sini.
3-html-improvements-fungsi-google-search-console

4. Structured Data

Structured data membuat Google memahami konten di website Anda lebih baik lagi. Jika Anda memiliki restoran, kontennya bisa berupa waktu atau review. Kalau gedung bioskop bisa menunjukkan jadwal film dan tanggal. Konten situs Anda akan menentukan item structured data mana yang Anda perlukan. Anda bisa mengatur structured data menggunakan Google Structured Data Markup Helper. Ketika Anda sudah menentukan markup, periksa structured data tool secara berkala untuk memastikan bahwa informasi Anda sudah ditandai dengan benar. Fungsi ini sangat penting saat menggunakan plugin untuk WordPress yang menghasilkan Schema markup secara otomatis.
4-structured-data-fungsi-google-search-console

5. Links to Your Site

Tidak setiap link yang mengarah ke situs Anda akan dipilih oleh Google, meskipun demikian, mereka mungkin muncul di tools pihak third-party. Dengan menggunakan fungsi ini Anda bisa melihat link profile Anda sebagaimana Google melihatnya. Fungsi ini sangat penting untuk menganalisa perbandingan anchor text, menunjukkan link mana yang merugikan, sehingga Anda bisa mengetahui apakah situs Anda mendapatkan link baru. Ada jeda waktu agar linknya muncul di Google, tapi sangat direkomendasikan Anda mengecek site link setiap bulanan sehingga Anda dapat menemukan dan menghapus link yang merugikan.
5-links-to-your-site-fungsi-google-search-console

6. Internal Links

Internal links terdiri dari link apapun yang menyambungkan satu halaman situs Anda ke halaman lainnya. Struktur internal link seringkali dilupakan ketika membahas metode SEO, tapi sebenarnya ini sangat penting. Katakan saja anda punya satu halaman yang sangat penting bagi peringkat situs, pasti Anda ingin halaman tersebut memiliki banyak internal link yang terhubung ke halaman lainnya. Cara ini akan meningkatkan relevansi dan mengirimkan “link juice” ke semua halaman yang penting di situs Anda. Selain mendapatkan peringkat, internal link juga penting untuk membantu orang menavigasi situs Anda. Jika Anda mulai menggunakan internal link di blog, Anda bisa menghubungkannya ke halaman servis. Hal ini akan mendorong orang masuk ke funnel dan memberikan informasi yang mungkin mereka cari. Anda juga harus menghubungkan ke halaman lain yang memberikan informasi tambahan dari halaman atau post tersebut. Cara ini akan membantu user melewati proses pembelajaran produk, membuat mereka lebih lama berada di situs Anda, dan mendorong mereka mengambil action selanjutnya.
6-internal-links-fungsi-google-search-console

7. Sitemap Submission

Membuat sitemap merupakan cara termudah untuk membuat situs Anda terindex dengan cepat. Sitemap yang baik akan memudahkan Google untuk melakukan crawling situs Anda. Tentukan “priority levels” sitemap dapat memandu Googlebot untuk menentukan halaman mana yang harus dicrawl terlebih dulu. Hal ini dianggap sebagai “saran/masukan” bukannya arahan, jadi belum tentu mereka mengikuti priority listing Anda. Jika Anda menggunakan Yoast untuk WordPress dan plugin serupa, Anda bisa membuat sitemap. Jika Anda memiliki situs html, Anda bisa menggunakan sitemap generator online untuk membuatnya, tapi lakukan tes dulu sebelum menetapkan sitemap.
7-sitemaps-fungsi-google-search-console

8. Site Errors

Setelah Google men-crawl situs Anda, Anda bisa masuk ke fungsi ini untuk menemukan masalah dalam situs Anda. 404 pages bukan berarti hal buruk, tapi jika Anda punya banyak internal links yang menjadi 404 pages, hal ini bisa menyebabkan Googlebot hanya melakukan crawl untuk jumlah halaman yang sedikit. Jika sebuah 404 page serupa dengan halaman lainnya di situs Anda, Anda bisa menggunakan 301 ke homepage untuk menjaga “link juice.” Kalau tidak, biarkan saja sampai Google menghapusnya ketika mengindex situs Anda.
8-site-errors-fungsi-google-search-console

9. Search Analytics

Di sini Anda bisa melihat semua hasil dari kerja keras yang sudah dilakukan. Anda juga bisa menemukan halaman atau keyword yang tanpa disadari memberikan performa yang baik. Seperti yang tercantum di bawah, Anda bisa melihat clicks, impressions, click through rate (CTR), dan posisi rata-rata untuk beberapa keyword/halaman. Katakan saja ada sebuah halaman dengan impressions yang banyak dan berada di peringkat top 5, tapi CTRnya rendah. Anda bisa memanfaatkan informasi tersebut untuk menyesuaikan page title dan meta description, untuk memperbaiki CTR Anda. Anda juga bisa menemukan keyword yang tidak menghasilkan traffic. Carilah keyword dengan rata-rata posisi antara 11 dan 15. Dengan meningkatkan peringkat untuk keyword tersebut, Anda bisa mendorong organic traffic.
9-search-analytis-fungsi-google-search-console

10. Messages

Dashboard message mengingatkan Anda akan masalah yang ada di situs. Terkadang pesannya sangat umum seperti “tingkatkan search presence Anda” sedangkan lain waktu bisa sangat spesifik, “mendeteksi konten yang dihack.” Bahkan jika Anda tidak menggunakan fungsi apapun di Search Console, Anda harus memverifikasi situs Anda, jadi Anda akan diberitahu jika situs Anda terkena hack atau menerima manual penalty. Semakin cepat Anda tahu, semakin cepat juga Anda bisa memperbaiki masalah tersebut.
10-messages-fungsi-google-search-console
Meskipun 10 fungsi di atas cukup mudah digunakan, mereka dapat membuat dampak yang besar dalam mengubah peringkat website Anda ketika memperbaiki kualitas website.

Related Posts:

Please Enable JavaScript!
Mohon Aktifkan Javascript![ Enable JavaScript ]


Sample 2 “Berikan aku 1000 orang tua, niscaya akan kucabut semeru dari akarnya, berikan aku 1 pemuda, niscaya akan kuguncangkan dunia” . (Bung Karno) “Tidak seorang pun yang menghitung-hitung: berapa untung yang kudapat nanti dari Republik ini, jikalau aku berjuang dan berkorban untuk mempertahankannya”. (Pidato HUT Proklamasi 1956 Bung Karno) “Jadikan deritaku ini sebagai kesaksian, bahwa kekuasaan seorang presiden sekalipun ada batasnya. Karena kekuasaan yang langgeng hanyalah kekuasaan rakyat. Dan diatas segalanya adalah kekuasaan Tuhan Yang Maha Esa.” (Soekarno) “Apabila di dalam diri seseorang masih ada rasa malu dan takut untuk berbuat suatu kebaikan, maka jaminan bagi orang tersebut adalah tidak akan bertemunya ia dengan kemajuan selangkah pun”. (Bung Karno) “Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa pahlawannya.” (Pidato Hari Pahlawan 10 Nop.1961) “Perjuanganku lebih mudah karena mengusir penjajah, tapi perjuanganmu akan lebih sulit karena melawan bangsamu sendiri.” – Bung Karno “Bangsa yang tidak percaya kepada kekuatan dirinya sebagai suatu bangsa, tidak dapat berdiri sebagai suatu bangsa yang merdeka.” (Pidato HUT Proklamasi 1963 Bung Karno) “……….Bangunlah suatu dunia di mana semua bangsa hidup dalam damai dan persaudaraan……” (Bung Karno) Untuk memilih jenis tomat yang akan ditanam hendaknya sesuaikan dahulu dengan karateristik lokasi. Apabila kebun Anda berada di dataran tinggi pilihlah varietas yang cocok untuk dataran tinggi begitu juga sebaliknya. Benih tomat bisa didapatkan dengan mudah diberbagai toko penyedia saprotan. Apabila Anda sulit mendapatkannya atau harganya terlalu mahal, kita bisa membuatnya sendiri. Caranya dengan menyeleksi buah tomat yang paling baik dari segi ukuran (besar) dan bentuk (tidak cacat). Langahnya sebagai berikut, pilih buah tomat yang akan dijadikan benih. Kemudian biarkan buah tomat tersebut menua di pohon. Setelah cukup tua ambil bijinya dan bersihkan dari lendir yang menyelubunginya dengan air. Setelah itu rendam dalam air, pilih biji yang tenggelam. Kemudian lakukan seleksi sekali lagi terhadap biji tomat, pilih yang bentuknya sempurna(tidak cacat atau keriput). Langahnya sebagai berikut, pilih buah tomat yang akan dijadikan benih. Kemudian biarkan buah tomat tersebut menua di pohon. Setelah cukup tua ambil bijinya dan bersihkan dari lendir yang menyelubunginya dengan air. Setelah itu rendam dalam air, pilih biji yang tenggelam. Kemudian lakukan seleksi sekali lagi terhadap biji tomat, pilih yang bentuknya sempurna (tidak cacat atau keriput).